Sekolah : .................................
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
I (satu)
ALJABAR
Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||||
1.1
Melakukan operasi aljabar
|
Bentuk aljabar
|
Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada
bentuk aljabar (pengulangan).
|
· Menyelesaikan operasi
tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Berapakah:
(2x + 3)
+ (-5x – 4)
|
2x40mnt
|
Buku teks
|
|||||||||
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan
pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan).
|
· Menyelesaikan operasi
kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Berapakah
(-x + 6)(6x – 2)
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.2
Mengurai- kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Bentuk aljabar
|
Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta
atau variabel
|
· Menentukan faktor suku
aljabar
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Sebutkan variabel pada bentuk berikut:
1. 4x + 3
2. 2p – 5
3. (5a – 6)(4a+1)
|
2x40mnt
|
Buku teks
|
|||||||||
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan
cara menguraikan bentuk aljabar tersebut.
|
· Menguraikan bentuk
aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Faktorkanlah 6a - 3b + 12
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Relasi dan fungsi
|
Menyebutkan
hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari,
misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan
ukuran sepatu.
|
· Menjelaskan dengan
kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan
fungsi
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi!
|
2x40mnt
|
Buku teks
Lingkungan
|
|||||||||
Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi
|
· Menyatakan suatu fungsi
dengan notasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula 5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi
a !
|
1x40mnt
|
||||||||||||
1.4
Menentu-kan nilai fungsi
|
Fungsi
|
Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan
menentukan nilainya.
|
· Menghitung nilai fungsi
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=
|
2x40mnt
|
||||||||||
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data
fungsi diketahui
|
· Menentukan bentuk
fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3
dan
f(2) = 4,
tentukan f(x).
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.5
Membuat sketsa gra-fik fungsi aljabar se-derhana pada sis-tem koor-dinat
Car-tesius
|
Fungsi
|
Membuat
tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi
|
· Menyusun tabel pasangan
nilai peubah dengan nilai fungsi
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Diketahui f(x) = 2x + 3.
Lengkapilah tabel berikut:
|
2x40mnt
|
||||||||||
Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara
menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius.
|
· Menggambar grafik
fungsi pada koordinat Cartesius
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi
yang dinyatakan f(x) = 3x -2.
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.6
Menentu- kan gradi-en, persa-maan dan grafik garis lurus.
|
Garis Lurus
|
Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu
garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak.
|
· Menjelaskan pengertian
dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Disajikan gambar beberapa garis pada kertas
berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut!
|
2x40mnt
|
||||||||||
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang
melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu
|
· Menentukan persamaan
garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien
tertentu
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan
mempunyai gradien 2 adalah . .
|
2x40mnt
|
||||||||||||
Menggambar garis lurus jika
- melalui dua titik
- melalui satu titik
dengan gradien tertentu
- persamaan garisnya
diketahui.
|
· Menggambar grafik garis
lurus
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x -
4
|
4x40mnt
|
||||||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar