Kamis, 19 Desember 2019

SILABUS SMP

Sekolah                     : .................................

Kelas                         : VIII (Delapan)

Mata Pelajaran      : Matematika

Semester                   : I (satu)
ALJABAR
Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.1 Melakukan operasi aljabar
Bentuk aljabar
Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan).
·   Menyelesaikan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
Tes tertulis
Uraian
Berapakah:
 (2x + 3) + (-5x – 4)

2x40mnt
Buku teks
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan).
·   Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
Tes tertulis
Uraian
Berapakah
(-x + 6)(6x – 2)
2x40mnt
1.2 Mengurai- kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya


Bentuk aljabar
Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel


·   Menentukan faktor suku aljabar
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Sebutkan variabel pada bentuk  berikut:
1.   4x + 3
2.   2p – 5
3.   (5a – 6)(4a+1)
2x40mnt
Buku teks
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut.
·   Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Tes tertulis
Uraian
Faktorkanlah 6a - 3b + 12
2x40mnt
1.3 Memahami relasi dan fungsi



Relasi dan fungsi
Menyebutkan  hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu.
·   Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi!
2x40mnt
Buku teks
Lingkungan


Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi 
·   Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
Tes tertulis
Uraian
Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula  5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a !
1x40mnt
1.4 Menentu-kan nilai fungsi


Fungsi
Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menentukan nilainya.
·   Menghitung nilai fungsi
Tes tertulis
Isian singkat
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=
2x40mnt
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui
·   Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
Tes tertulis
Uraian
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
f(2) = 4,  tentukan f(x).
2x40mnt
1.5 Membuat sketsa gra-fik fungsi aljabar se-derhana pada sis-tem koor-dinat Car-tesius


Fungsi
Membuat  tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi

·   Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi

Tes tertulis

Isian singkat

Diketahui f(x) = 2x + 3.
Lengkapilah tabel berikut:
X
0
1
2
3
f(x)




2x40mnt

Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius.
·   Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius
Tes tertulis

Uraian

Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) = 3x -2.
2x40mnt

1.6 Menentu- kan gradi-en, persa-maan dan grafik garis lurus.
Garis Lurus
Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak.
·   Menjelaskan pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
Tes tertulis
Uraian
Disajikan gambar beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut!
2x40mnt
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu
·   Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu
Tes tertulis
Uraian
Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan mempunyai gradien 2 adalah . .
2x40mnt
Menggambar garis lurus jika
-  melalui dua titik
-  melalui satu titik dengan gradien tertentu
-  persamaan garisnya diketahui.
·   Menggambar grafik garis lurus
Tes tertulis
Uraian
Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x - 4
4x40mnt
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar