Sabtu, 28 Desember 2019

RPP SMA

Nama Sekolah     : SMA 
Mata Pelajaran     : Matematika-Wajib
Kelas/Semester    : X/2
Materi Pokok        : Menemukan Konsep Fungsi Kuadrat
Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit


  1. Kompetensi Inti

      1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
      2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
      3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
      4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan

  1. Kompetensi Dasar
2.3    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.11    Menganalisis fungsi kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual.
    Indikator :
3.11.1 Menuliskan konsep fungsi kuadrat berdasarkan ciri-ciri yang ditemukan dengan bahasanya sendiri.
3.11.2 Menggunakan konsep fungsi kuadrat untuk memecahkan masalah autentik dan soal-soal.

4.10    Menyusun model matematika dari masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya.
Indikator :
4.10.1 Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan fungsi kuadrat.

  1. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok diharapkan peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
          • menuliskan konsep persamaan dan fungsi kuadrat berdasarkan ciri-ciri yang ditemukan dengan bahasanya sendiri;
          • menggunakan konsep dan prinsip fungsi kuadrat untuk memecahkan masalah otentik dan soal-soal;
          • menyelesaikan model matematika untuk memperoleh solusi permasalahan yang diberikan;
          • menafsirkan hasil pemecahan masalah.

  1. Materi Pembelajaran
7.2 Fungsi Kuadrat
7.2.1 Menemukan Konsep Fungsi Kuadrat

Dalam kehidupan sehari-hari sering ditemukan permasalahan yang dapat berkaitan dengan konsep fungsi kuadrat. Sebuah contoh permasalahan fungsi kuadrat yaitu sebagai berikut.


Sebuah lembaran seng yang lebarnya 1 m akan dibuat talang air dengan dibengkokkan menjadi bentuk seperti huruf U (lihat gambar). Buatlah model matematika untuk menentukan nilai maksimum volume talang air!



  1. Metode/Model/Pendekatan Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran    : Discovery Learning
2. Model    Pembelajaran        : Konstruktivisme
3. Pendekatan Pembelajaran    : Scientific 

  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
  1. Kegiatan Awal
  1. Salam pembuka. (Menanamkan nilai karakter beriman dan empati)
  2. Guru memeriksa situasi dan kondisi kelas serta peralatan peserta didik dan kelas. (Menanamkan nilai karakter disiplin)
  3. Guru memasang laptop dan kabel LCD
  4. Guru melakukan apersepsi kepada peserta didik dengan mengingatkan kembali tentang materi pelajaran sebelumnya yaitu tentang Persamaan Kuadrat dengan cara tanya jawab. (Menanamkan nilai karakter mandiri)
  5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  6. Guru memotivasi peserta didik tentang pentingnya materi Fungsi Kuadrat dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan ilmu lain. (Menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu, kerja keras, dan kreatif)

1’
1’

1’
4’


1’
2’
  1. Kegiatan Inti
  1. Guru melibatkan peserta didik dalam menyebutkan sebuah contoh permasalahan yang berkaitan dengan fungsi kuadrat menggunakan tayangan di laptop dan LCD (mengamati, dan menalar) yang dilengkapi dengan beberapa penjelasan melalui papan tulis. (Menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu)
  2. Guru dengan melibatkan peserta didik menyebutkan beberapa contoh permasalahan lain (dapat melakukan browsing di internet) yang berkaitan dengan fungsi kuadrat (mengamati, mencoba dan menalar) dan membawanya ke model matematika. (Menanamkan nilai karakter kreatif)
  3. Peserta didik memperhatikan dan mencatat penjelasan materi dari guru tentang penyelesaian permasalahan tentang fungsi kuadrat beserta langkah-langkah pengerjaannya baik dari tayangan LCD maupun dari papan tulis. (Menanamkan nilai karakter disiplin, teliti, dan kerja keras)
  4. Peserta didik membuat kelompok yang terdiri dari 3-4 orang per kelompok.
  5. Setiap kelompok mendapatkan permasalahan tentang fungsi kuadrat berupa Lembar Kerja yang diberikan oleh guru. (mengamati, mencoba dan menalar)
  6. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok (mengamati, menanya, mencoba, menalar) untuk mengerjakan tugas kelompok masing-masing. (Menanamkan nilai karakter empati dan kerjasama)
  7. Peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok untuk diamati oleh guru sambil memberikan bimbingan serta penilaian sikap dan keterampilan.  
  8. Guru menginformasikan kepada setiap peserta didik mengerjakan soal kelompoknya dan dikumpulkan sebagai tugas individu. (Menanamkan nilai karakter mandiri)
  9. Guru memberi kesempatan kepada perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di papan tulis (networking).
  10. Guru menambahkan keterangan untuk mengarahkan peserta didik agar mengacu pada  konsep yang benar tentang hasil pekerjaan perwakilan kelompok.
  11. Guru memberikan soal untuk penilaian aspek pengetahuan secara individu
  12. Peserta didik mengumpulkan tugas individu kepada guru melalui ketua kelas.

5’



5’




5’



2’

2’


8’


5’


10’


8’

2’


15’

3’
  1. Kegiatan Akhir
  1. Guru menutup pelajaran dengan membimbing peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
  2. Peserta didik memperoleh tugas terstruktur berupa soal di buku paket.
  3. Guru merapikan peralatan kelas, laptop, dan LCD
  4. Salam penutup (Menanamkan nilai karakter beriman dan empati)

5’

2’
2’
1’


Tidak ada komentar:

Posting Komentar