Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok : Menemukan Konsep Fungsi Kuadrat
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
- Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
- Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan
- Kompetensi Dasar
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.11 Menganalisis fungsi kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual.
Indikator :
3.11.1 Menuliskan konsep fungsi kuadrat berdasarkan ciri-ciri yang ditemukan dengan bahasanya sendiri.
3.11.2 Menggunakan konsep fungsi kuadrat untuk memecahkan masalah autentik dan soal-soal.
4.10 Menyusun model matematika dari masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya.
Indikator :
4.10.1 Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan fungsi kuadrat.
- Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok diharapkan peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
- menuliskan konsep persamaan dan fungsi kuadrat berdasarkan ciri-ciri yang ditemukan dengan bahasanya sendiri;
- menggunakan konsep dan prinsip fungsi kuadrat untuk memecahkan masalah otentik dan soal-soal;
- menyelesaikan model matematika untuk memperoleh solusi permasalahan yang diberikan;
- menafsirkan hasil pemecahan masalah.
- Materi Pembelajaran
7.2 Fungsi Kuadrat
7.2.1 Menemukan Konsep Fungsi Kuadrat
Dalam kehidupan sehari-hari sering ditemukan permasalahan yang dapat berkaitan dengan konsep fungsi kuadrat. Sebuah contoh permasalahan fungsi kuadrat yaitu sebagai berikut.
Sebuah lembaran seng yang lebarnya 1 m akan dibuat talang air dengan dibengkokkan menjadi bentuk seperti huruf U (lihat gambar). Buatlah model matematika untuk menentukan nilai maksimum volume talang air!
- Metode/Model/Pendekatan Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran : Discovery Learning
2. Model Pembelajaran : Konstruktivisme
3. Pendekatan Pembelajaran : Scientific
- Langkah-Langkah Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar