Mata
Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas : X
Kompetensi
Inti
KI 1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam
ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Eksponen dan Logaritma
|
Mengamati
Membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar dari eksponen dan logaritma.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian dan aturan dari hasil operasi
aljabar eksponen dan logaritma.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan
logaritma.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil
operasi aljabar eksponen dan logaritma, kemudian menghubungkan unsur-unsur
yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
dan aturan dari eksponen dan logaritma.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, aturan
eksponen dan logaritma dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah sederhana yang
terkait dengan eksponen dan logaritma
dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
·
Mencari dan
membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar dari eksponen dan logaritma.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai penggunaan aturan/ sifat eksponen dan logaritma.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan penggunaan aturan/ sifat eksponen dan logaritma.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengan karakteristik
permasalahan yang
akan diselesaikan
dan memeriksa kebenaran
langkah-langkahnya.
|
||||||||
4.1 Menyajikan masalah
nyata menggunakan
operasi aljabar berupa eksponen
dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat
dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi,
penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi,
penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian,
dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak,
ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait
dengan
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, dan penyelesaian
persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah nyata yang terkait persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
Membaca
mengenai pengertian nilai mutlak,
ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata
yang sederhana.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata
yang sederhana.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.2 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak
dalam persamaan dan
pertidaksamaan serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah
nyata.
|
||||||||
4.2 Menerapkan konsep
nilai mutlak dalam
persamaan dan
pertidaksamaan
linier dalam
memecahkan masalah nyata.
4.3 Membuat
model matematika berupa
persamaan dan
pertidaksamaan
linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak
dari situasi nyata dan
matematika, serta
menentukan jawab
dan menganalisis model
sekaligus jawabnya.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Sistem
Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua Variabel, dan Sistem Persamaan Linier
Tiga Variabel
|
Mengamati
Membaca mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga
variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan
penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika,
serta penyelesaiannya.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem
persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel,
cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan
dalam model matematika, serta penyelesaiannya, kemudian menghubungkan unsur-unsur
yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan
linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah
nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian ekspresi
sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua
variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang
disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya dengan lisan, dan
tulisan.
|
Tugas
·
Membaca
mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai menentukan himpunan penyelesaiannya sistem
persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai menentukan himpunan penyelesaiannya
sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua
variabel, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.3 Mendeskripsikan konsep sistem
persamaan linier dua
dan tiga variable
serta pertidaksamaan
linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai
strategi yang efektif dalam menentukan
himpunan penyelesaiannya serta
memeriksa kebenaran
jawabannya dalam pemecahan masalah
matematika.
|
||||||||
4.4 Menggunakan
SPLDV,
SPLTV
dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan
4.5 Membuat
model matematika berupa
SPLDV, SPLTV,
dan SPtLDV
dari situasi nyata dan
matematika, serta
menentukan jawab
dan menganalisis model
sekaligus jawabnya
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Matriks
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang
disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah
nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang
disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian matriks,
contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi
sederhana matriks, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian matriks, masalah
nyata yang dapat disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana
matriks.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian matriks,
masalah nyata yang dapat disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi
sederhana matriks dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
·
Membaca
mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam
bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai penyajian masalah nyata ke dalam bentuk matriks,
dan operasi sederhana matriks.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyajian masalah nyata ke dalam
bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.4 Mendeskripsikan konsep matriks sebagai
representasi numeric dalam kaitannya dengan
konteks nyata.
3.5 Mendeskripsikan operasi sederhana matriks
serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
||||||||
4.6 Menyajikan model matematika dari suatu masalah
nyata yang berkitan
dengan matriks.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Relasi dan Fungsi
|
Mengamati
Membaca pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari
berbagai penyajian suatu relasi dan
fungsi.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, daerah
hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
Mengeksplorasikan
Menentukan daerah asal,
daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada daerah asal, daerah
kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi, kemudian menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil, relasi,
fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian relasi yang merupakan suatu
fungsi.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian daerah
asal, daerah kawan, dan daerah hasil, relasi, fungsi, dan cara
mengidentifikasi berbagai penyajian relasi yang merupakan suatu fungsi dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
Membaca
mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi dan fungsi.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan daerah asal, daerah kawan, dan daerah
hasil dari berbagai penyajian suatu
relasi dan fungsi.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai yang terkait daerah asal, daerah
kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.6 Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan,
dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dalam
berbagai bentuk (grafik,
himpunan pasangan
terurut, atau ekspresi
simbolik)
3.7 Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai
bentuk yang merupakan
fungsi.
|
||||||||
4. 7. Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam
menyelesaikan masalah.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Barisan dan Deret
|
Mengamati
Membaca, mengenai pengertian, pola-pola barisan dan deret aritmatika dan
geometri.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian barisan dan deret aritmatika dan
geometri.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan
perbedaan barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, perbedaan
dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah sederhana yang
terkait dengan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri dengan
lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
Mencari dan
membaca mengenai pengertian, pola-pola barisan dan deret aritmatika dan
geometri.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan pola-pola barisan dan deret
aritmatika dan geometri.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.8 Memprediksi pola barisan dan
deret aritmetika dan geometri atau
barisan. lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
|
||||||||
4.8 Menyajikan
hasil, menemukan pola barisan dan
deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Persamaan dan
Fungsi Kuadrat
|
Mengamati
Membaca mengenai berbagai
ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan
persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi
persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai cara mengubah berbagai ekspresi menjadi persamaan kuadrat,
memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan
masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat serta
penyelesaiannya, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada berbagai
ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan
persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi
persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada berbagai
ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan
persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi
persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat,
memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan
masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar
sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat,
memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan
masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar
sketsa grafik fungsi kuadrati dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
membaca
mengenai berbagai
ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan
persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan
dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait dengan mengubah berbagai
ekspresi menjadi persamaan kuadrat,
memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan
masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar
sketsa grafik fungsi kuadrat.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.9 Mendeskripsikan berbagai
bentuk ekspresi yang dapat
diubah menjadi persamaan kuadrat.
3.10 Mendeskripsikan persamaan
dan
fungsi kuadrat, memilih strategi
dan menerapkan
untuk menyelesaikan persamaan
dan fungsi kuadrat
serta memeriksa kebenaran
jawabannya.
3.11 Menganalisis fungsi dan
persamaan kuadrat
dalam berbagai bentuk penyajian masalah
kontekstual.
3.12 Menganalisis grafik
fungsi dari data terkait
masalah nyata dan menentukan
model matematika berupa fungsi kuadrat.
|
||||||||
4.9 Mengidentifikasi dan menerapkan
konsep fungsi dan persamaan kuadrat
dalam menyelesaikan
masalah nyata dan
menjelaskannya secara lisan
dan tulisan.
4.10 Menyusun
model matematika
dari masalah yang berkaitan
dengan persamaan
dan fungsi kuadrat
dan menyelesaikan
serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.11 Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari
masalah nyata
berdasarkan
data
yang ditentukan
dan menafsirkan karakteristiknya.
4.12 Mengidentifikasi
hubungan fungsional kuadratik dari
fenomena sehari-hari
dan menafsirkan makna dari setiap
variabel yang digunakan.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Geometri
|
Mengamati
Membaca dan mengamati pengertian, gambar, dan peraga mengenai jarak antar
titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata
yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian, jarak antar titik, garis, dan
bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan
dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis,
dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada jarak antar titik,
garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang
berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian jarak
antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara
menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian jarak
antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara
menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
Membaca dan mengamati, pengertian, gambar, dan peraga
mengenai jarak antar titik, garis, dan
bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang
berkaitan dengan jarak dan sudut antara
titik, garis dan
bidang.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai jarak antar titik, garis, dan bidang,
sudut antar garis, dan bidang, serta cara menyelesaikan masalah nyata yang
berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.13 Memahami konsep
jarak dan sudut antar titik,
garis
dan bidang melalui demonstrasi
menggunakan alat
peraga atau media lainnya.
|
||||||||
4.13 Menggunakan berbagai
prinsip bangun datar dan
ruang serta dalam menyelesaikan masalah
nyata berkaitan
dengan jarak
dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Trigonometri
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan mengamati grafik fungsi trigonometri.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada perbandingan
trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada perbandingan
trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian perbandingan
trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian perbandingan
trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
Membaca
mengenai pengertian perbandingan
trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan perbandingan trigonometri, hubungan antar
perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.15 Memahami konsep
perbandingan trigonometri
pada segitiga
siku-siku melalui penyelidikan
dan diskusi tentang hubungan perbandingan
sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.16 Menemukan sifat-sifat dan
hubungan antar perbandingan
trigonometri dalam
segitiga siku-
siku.
3.17 Memahami dan
menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri
dari sudut di setiap
kuadran, memilih dan menerapkan
dalam
penyelesaian
masalah nyata
dan matematika
3.18 Memahami konsep
fungsi Trigonometri
dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai
fungsi
Trigonometri dari sudut-
sudut istimewa
|
||||||||
4.14 Menerapkan perbandingan
trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
4.15. Menyajikan grafik fungsi trigonometri.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Limit Fungsi
Aljabar
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian limit fungsi aljabar
melalui penerapan dalam konteks nyata,
mengamati contoh penggunaan aturan dan
sifat limit fungsi aljabar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan
aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada limit fungsi aljabar,
aturan, dan sifat limit fungsi aljabar, kemudian menghubungkan unsur-unsur
yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam
masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan sifat
limit fungsi aljabar dalam masalah nyata. dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
·
Membaca
mengenai pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan dalam konteks nyata, mengamati contoh
penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penggunaan aturan dan sifat limit
fungsi aljabar dalam masalah nyata.
|
2,5 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.18 Memahami konsep limit fungsi
aljabar dengan menggunakan
konteks nyata dan menerapkannya.
3.19 Merumuskan
aturan dan sifat limit fungsi
aljabar melalui pengamatan contoh-contoh.
|
||||||||
4.16 Memilih strategi yang efektif dan
menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang limit
fungsi aljabar.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Statistika
|
Mengamati
Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan
cara membuatnya.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada berbagai
penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot dengan lisan, tulisan, dan diagram.
|
Tugas
·
Mengamati
berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk
atau diagram/plot.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.20 Mendeskripsikan berbagai
penyajian data dalam
bentuk tabel atau
diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan
informasi dari suatu kumpulan
data melalui analisis perbandingan berbagai variasi
penyajian data.
3.21 Mendeskripsikan data dalam
bentuk tabel atau
diagram/plot tertentu
yang sesuai dengan
informasi yang ingin
dikomunikasikan.
|
||||||||
4.17 Menyajikan
data nyata dalam bentuk
tabel atau
diagram/plot tertentu
yang sesuai dengan
informasi yang ingin
dikomunikasikan.
|
||||||||
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
Peluang
|
Mengamati
Membaca dan mengamati pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh
dari percobaan berbagai objek.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian peluang
suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian peluang
suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek, kemudian menghubungkan unsur-unsur
yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
·
Membaca dan mengamati
pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai
objek.
·
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan peluang suatu kejadian yang diperoleh
dari percobaan berbagai objek.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait dengan peluang suatu kejadian
yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X.
· Buku referensi dan artikel yang sesuai.
|
|||
3.22 Mendeskripsikan konsep peluang suatu
kejadian menggunakan berbagai
objek nyata dalam
suatu percobaan
menggunakan frekuensi relatif.
|
||||||||
4.18 Menyajikan
hasil penerapan
konsep peluang untuk menjelaskan
berbagai objek nyata
melalui percobaan menggunakan
frekuensi relatif.
|
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar